Jakarta – Budaya Sunda merupakan salah satu kebudayaan dari Indonesia yang sudah tua. Ada beraneka ragam dan macam-macam kebudayaan Sunda yang sangat unik dan menarik untuk di pelajari. Mayjen (Purn) H. Tatang Zaenudin atau yang biasa disebut dengan panggilan akrab kang Tatang mengatakan saya sudah banyak berbicara dengan budayawan sunda khususnya dan mereka merasa perihatin atas hal ini yang tambah waktu tambah menghilang tanpa mereka bisa berbuat apa-apa, ujar kang Tatang yang ditemui oleh awak media saat santai di rumah kediamanya daerah Cijantung,Jakarta Timur, selasa (26/9)pagi.

Jika saya nantinya terpilih jadi gubenur Jawa Barat , saya akan duduk bersama para budayawan supaya budaya bangsa kita khusuanya sing asa, sing asuh yang merupakan budaya gotong royong untuk kita kembangkan dan kebudayakan kembali , tuturnya.

Begitu banyak keanekaragaman budaya yang perlu kita budayakan di Jawa Barat seperti Wayang golek, tarian Jaipong dan sebagainya yang perlu untuk kita kembangkan.

Keraton itu juga merupakan sejarah budaya bangsa, dan karena saya ada di Jawa Barat semua ini akan saya rawat dan kembangkan karena pemerintah propinsi wajib mereka memperbudayakan milik bangsa ini, tegasnya.

Kita lihat belum lama ini di Cirebon ada Festival Keraton Nusantara (FKN) 2017 disini kita bisa melihat ternyata budaya dan sejarah bangsa kita pada zaman dahulu ada Raja dan Sultan ternyata masih ada, yang mungkin selama ini kita sudah rasa telah menghilang , ungkapnya.

Saya ingat sewaktu saya masih kanak-kanak yang namanya di daerah ada acara atau undangan perayaan pasti ada wayang golek, tarian Jaipong atau pencak silat tetapi pada zaman di era milineal sekarang ini sudah mulai menghilang .Hal seperti inilah yang harus pemerintah perdayakan , di bina dan di bantu supaya yang nama sejarah budaya bangsa tidak menghilang dan dapat dirasakan oleh generasi penerus anak bangsa, ujarnya menutup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here